4 Cara Melihat Spesifikasi Komputer dan Laptop secara Detail

4 Cara Melihat Spesifikasi Komputer dan Laptop secara Detail - Melihat serta mengetahui Spesifikasi komputer dan laptop harus kalian ketahui ya sobat. Masa iya kamu punya laptop atau komputer tapi kalian tidak mengetahui spesifikasi laptop dan komputer kalian sendiri?. Melakukan pengecekan spesifikasi komputer sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan. Tapi walaupun sangat mudah, banyak orang yang jarang melakukannya dan bahkan tidak pernah melakukannya, sehingga banyak dari mereka yang tidak tahu dengan spesifikasi laptop atau komputer yang mereka gunakan.


Sebenarnya mengetahui spesifikasi dari Laptop atau komputer kalian bukanlah hal yang wajib kamu lakukan, tapi tidak ada salahnya bukan? Jika kamu mengetahui spesifikasi laptop dan komputer kalian. Dengan mengetahui spesifikasi pada komputer dan laptop, kamu dapat mendapatkan keuntungan seperti mampu menyesuaikan spesifikasi yang ada pada laptop atau komputer kalian untuk menjalankan beberapa softwares atau sebuah permainan. 

Cara Mengecek Spesifikasi Laptop & PC dengan Detail 

Nah sobat, membahas mengenai spesifikasi, apa si spesifikasi itu?. Spesifikasi merupakan sebuah rincian mengenai kemampuan perangkat keras yang dirakit di dalam sebuah laptop atau komputer untuk mengerjakan perangkat lunak yang di instal di dalamnya adalah dikarenakan adanya perangkat keras yang dirakit di dalam sebuah laptop. 

Biasanya spesifikasi laptop yang tertera pada brosur adalah daftar perangkat keras yang ada di dalam laptop. Spesifikasi tersebut biasanya berisi mengenai ukuran layarnya, prosesor, RAM, hardisk, VGA, dan komponen komponen pendukung lain. 

Cara Cek Spesifikasi PC Laptop RAM, CPU, GPU, Prosesor & VGA : 

Nah buat sobat yang ingin mengecek spesifikasi laptop dan komputer kalian, ada 4 cara dibawah ini yang mudah untuk melihat spesifikasi komputer dan laptop pada windows xp, windows 7, windows 8 dan windows 10. 

#1. Memanfaatkan sistem Informasi 

a. Bukalah Windows Explorer kalian dengan cara seperti biasa atau dengan menekan “Windows+E” pada keyboard kalian.
b. Setelah itu, klik kanan pada pilihan My Computer atau pilihan This PC, selanjutnya silahkan pilih properties.
c. Kemudian kamu dapat melihat beberapa informasi mengenai spesifikasi komputer kalian seperti tipe, kecepatan, besar RAM, dan lain sebagainya. 

#2. Menggunakan CPU-Z 


a. Silahkan kalian download dan install terlebih dahulu CPU Z pada komputer atau laptop kalian. [Kik Disini]
b. Setelah itu kalian membukanya dan kamu dapat melihat secara rinci spesifikasi pada komputer atau laptop kamu.
c. Kalian bisa melihat dengan detail mengenai CPU mulai dari nama processor hingga core speed kamu di kolom CPU.
d. Untuk dapat mengetahui informasi dari mainboard komputer dan laptop kamu, kamu bisa membuka kolom main board yang tersedia pada CPU-Z.
e. Di kolom type memory, kalian dapat melihat tipe dari memory sedangan pada kolom tab SPD kalian bisa melihat slot RAM kamu serta beragam informasi mengenai RAM kamu. 

#3. Menggunakan DXdiag 

a. Buka RUN atau tekan Windows+R pada keyboard kalian. 
b. Selanjutnya silahkan kalian ketik kata dxdiag pada kolom “open:” 
c. Pilihlah dan klik “OK” 
d. Kalian juga bisa melihat berbagai informasi mengenai spesifikasi komputer kalian. 
f. Di versi system, kalian bisa melihat spesifikasi pada windows baik 64 ataupun 32 bitnya. 

#4.Menggunakan Software Speccy 

a. Silahkan kalian download telebih dahulu software untuk memulai. [Klik Disini
b. Setelah selesai mendownload, silahkan kalian Install. 
c. Kemudian silahkan kamu buka dan kamu sudah dapat melihat secara rinci informasi tentang spesifikasi CPU kamu. 
d. Pada tab summary, kalian dapat melihat secara detail mengenai spesifikasi dari PC kalian. 


Nah sobat, demikianlah pembahasan kita mengenai 4 Cara Simple dan Mudah Melihat Spesifikasi Komputer dan Laptop. Dengan cara diatas semoga kalian bisa dengan mudah mengecek spesifikasi komputer dan laptop ya sobat. 

Kalian bisa mempraktekannya dirumah, karena dengan kamu mengetahui spesifikasi laptop dan komputer kalian maka kamubisa menyesuaikan aplikasi yang ada pada laptop dan komputer kalian supaya tetap berjalan dengan baik. Jika ada yang sobat bingungkan mengenai artikel diatas jangan lupa untuk bertanya ya...
Regards,
Tips Tricks Pintar

Artikel Terkait